Penjelasan Sang Pencipta Situs Presidensby.info

Penjelasan Sang Pencipta Situs Presidensby.info - Kabar mengenai diretasnya website Presidensby.info diluruskan oleh I Made Wiryana, sang pembuat website Presidensby.info,  sekaligus Pakar Telematika Universitas Gunadarma. Menurutnya, website presiden tersebut tidak diretas, melainkan Domain Name System atau DNS-nya yang dialihkan.

"Sebetulnya, situs tidak pernah di-hack, tetapi DNS-nya yang diubah oleh si pelaku," ujar Wiryana kepada Okezone, Selasa (29/1/2013) melalui percakapan telefon.

Ia mengatakan, website presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini bahkan tidak pernah "disentuh" sedikitpun oleh pelaku. Karena menurutnya, tidak ditemukan masalah pada domain resminya.

"Yang kena bermasalah ialah layanan DNS," imbuhhnya. Ia menjelaskan bahwa si pelaku ini meninggalkan jejak (nama Jember Hacker Team), serta pelaku memindahkan Presidensby.info ke domain atau alamat lain.

Lebih lanjut ia mengatakan, apa yang dilakukan si pelaku yang diketahui berinisial WYA, yang merupakan seorang remaja lulusan SMK di Kabupaten Jember, Jawa Timur ini memindahkan DNS menuju situs lain yang dikehendakinya.

Ia menjelaskan, website dengan nama belakang .info, berbeda dengan website pemerintah lainnya seperti .go.id maupun website untuk akademik atau universitas, .ac.id. Menurutnya, kerentanan terhadap serangan maupun pengalihan DNS lebih mungkin terjadi, sebab penyedia DNS .info berada di luar Indonesia.

Bila telah kepalang terjadi peristiwa pengalihan domain seperti kasus demikian, maka domain website Presidensby.info bisa dinormalkan dengan menghubungi penyedia DNS yang berbasis di Kanada.

Ia mengatakan, website pemerintah yang menggunakan domain .go.id cenderung aman terhadap serangan atau pengalihan DNS. Sebab, DNS tersebut berasal dari Indonesia. Sehingga, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada website tersebut, dapat lebih mudah untuk dilakukan penelusuran. (amr)

0 komentar: